Explore Pantai di Raja Ampat, Papua Barat

Whats up guys??? Udah lama juga gue gak nulis ya. Gue lagi bingung mau nulis apa soal ceritanya gue udah gak punya pengalaman berkesan di tempat kerja gue nih guys. Tapi, setelah sekian lama, akhirnya gue akan menceritakan nih pengalaman kerja gue di kontrak di Waisai Raja Ampat.

Tugu Selamat Datang Raja Ampat

jgn lihat orangnya ya guys maklum kulit terbakar cuaca di 
raja ampat panas pake banget kayak di neraka guys
(lebay amat kayak di neraka emang gue pernah rasain panasnya neraka😢)

Gilee siapa yg mau nolak kalau mau kerja disana, apalagi Raja Ampat terkenal banget dengan pantainya yang eksotis dan sangat pake sangat cantik buanggeeettt deh pokoknya. Jadi, gue di Kabupaten Raja Ampat ini mendapat kontrak pengawasan selama kurang lebih 3 bulan nih. Gue kerja dari Bulan Oktober dan selesai pertengahan Desember tahun 2017 ini. Untuk menuju Raja Ampat ini atau lebih dikenal dengan Kota Waisai, gue mengambil flight dari Makassar ke Sorong dengan durasi perjalanan sekitar 2 jam. Tiket penerbangan dari Sorong itu gue dapat paling murah sekitar Rp 700 ribuan. Nah kalau mahal lu bisa dapat Rp 1.3 -1.5 Juta saat hari libur atau perayaan besar. Setibanya gue di Bandara Domine Edward Osok Sorong gue langsung naik ojek menuju Pelabuhan Rakyat. Gue cuma bayar Rp 20.000 saja menuju ke pelabuhan dari bandara. Sesampainya, gue di pelabuhan ya gue nyebrang lagi menuju kota waisai raja ampat. Untuk jadwal kapal Sorong ke Waisai adanya 2 kali saja nih guys dari jam 09.00 pagi dan 14.00 siang. Kalau lu lewat dari jam segitu lu gak bakalan dapat kapal lagi dan nunggu hari esoknya. Harga tiket kapalnya lumayan sih gue bayar Rp 125.000/orang berangkat tiap hari. Kalau lu mau murah ada sih kapal Marina harga tiket cuma Rp 50.000/org tapi itu gak berangkat tiap hari, hanya hari tertentu saja dan jadwalnya cuma sekali saja pada pukul 14.00 siang. Makanya, kalau mau dapatyang murah cek tiket keberangkatan kapalnya, nah disitu baru lu beli tiket penerbangan ke Sorong untuk sesuaikan jadwal dengan tiket kapal murah.

Finally, akhirnya gue nyampe deh di kota waisai raja ampat ini, perjalanan cukup lama juga guys 2 jam dari Kota Sorong. But, lu gak akan bosan dikapal karena didalam kapal ada fasilitas menonton film dan yang di putar film-film Warkop DKI dan didalam kapal juga terdapat Kantin, jadi lu bisa beli makanan saat lu lapar. Nah, gue akan mengexplore nih guys pantai mana saja yang gue datangi selama di Kota Waisai ini. Lu gak bakalan nyesal deh kesini.

1. Pantai Waiwo



Pantai waiwo tidak hanya sekedar pantai, jadi disini lu bisa melihat banyak ikan disekitaran pinggir pantainya. Selain pantai disini terdapat juga resort-resort tradisional yang akan membuatmu akan merasa seperti di hutan belantara. Haha, tenang aja guys disini suasananya nyaman dan tenang banget guys. Lu bisa menghilangkan beban lu sambil menikmati sunset di pantai ini. Buat yang pengen berenang di pantai ini jangan loncat langsung ke lautnya ya guys biar ikan-ikan disini tidak pada takut. Lu turun aja perlahan dan disarankan lu bawa go pro atau kamerabawa air karena lu akan menyesal kalau tidak foto bersama ikan disini. Ikannya banyak banget dan bermacam-macam bentuknya.


airnya bening banget dan ikannya banyak
nyesel kalau gak kesini


Lautnya guys bening amat kayak kaca

Ikannya kok gak jelas bgitu ya padahal pake hape mahal lo guys
haha.... #pamer

cerita nih lagi habis snorkling



Ini gue lagi nikmati sunset, keren bangetkan guys

2. Afu Resort

Gak kalah dengan Waiwo, Afu resort ini juga memiliki keindahan laut yang luar biasa dengan spot cottegenya yang berjejer diatas dermaga membuat spot hunting foto makin kece abiz guys. Afu resort ini gak jauh dari Waiwo tadi cukup 10 menit saja lu bisa sampai ketempat ini dan gratis masuk. Di Afu resort ini terdapat kandang burung cendrawasih, nuri, dan kakak tua yang merupakan hewan dilindungi di Indonesia karena termasuk hewan langka. Selain itu disini juga lu bisa memberi makan ikan walaupun ikan disini gak seperti di Waiwo yang berada di laut lepas. Ikan di kawasan Afu resort ini berada dalam penangkaran sehingga lu bisa memberi makan ikan dengan sangat dekat ataupun menyentuhnya. 

Spot disini paling kece buat foto
dan lu bisa turun ke laut untuk berenang karena 
menyediakan tangga dari dermaganya

Ini dia Cottege2nya gue maksud mengambil konsep
rumah tradisional Papua Honai.

Ini dia dermaganya yang menghubungkan tiap cottege2nya
pokoknya kece banget buat hunting foto.


3. Pantai Saleo, Cemara, dan Hamueco

Gue akan bahas pantai selanjutnya yaitu Pantai Saleo, Cemara, dan Hamueco resort, kenapa gue gabungkan guys karena lokasinya ini semua berdekatan. lu tinggal parkir aja kendaraan lu trus lu jalan-jalan pinggir pantai lu udah berada di pantai lain. Pantai ini juga paling favorit buat berenang karena pasir putihnya yang cantik abiz dan di hamueco resort lu bisa berayunan gratis deh.
Ke pantai ini lu cuma bayar parkir doang sekitar 10 ribuan klo gak salah buat mobil dan 5 ribuan untuk motor. Gue gak tau juga kenapa nama pantainya bisa beda padahal lokasinya sama bahkan cuma tetanggaan doang tuh pantai, kayak lu dan gue tetanggaan tapi gak saling menyapa. Hikz.. hikzz... baper tingkat dewa gua nih.

Ok, stop lanjut ke pembahasan jadi di pantai ini adalah area rekreasi buat orang yang suka camping ataupun bertamasya sambil bakar-bakar ikan. Mantap abiz gak itu gang. Gua jadi lapar kalau bahas makanan deh kepikiran trus gitu. Hmmmm.....

Nah, lokasinya ini juga gak jauh dari Afu resort tadi pas lu keluar dari afu resort dapat jalan utama lu lanjut aja trus ngikutin jalan deh. Pokoknya di raja ampat ini cuma ada satu jalan utama menuju ke setiap pantai ataupun resortnya.

Nah yang ini Hamueco yang berbatasan dengan 
pantai cemara

Belakangnya ini lurus itu pantai saleo 



gak kalah kan sama yang di gili Trawangan Lombok


4.Pantai Saporkren

Inilah pantai terakhir dan pantai paling ujung dari kota raja ampat ini. Pantai Saporkren yang berlokasi sekitar 15 menit tadi dari pantai saleo. Pantai ini berada paling ujung jalan alias jalan buntu. Menuju pantai ini sangat mudah ditemukan karena hanya mengikuti jalan utama tadi sampai dapat mentok ujung jalan dan lu parkir sudah kendaraan kesana. Trus lu akan masuk ke gerbang melewati dermaga dan masuk sedikit ke hutan. Akhirnya lu sampai deh di pantai ini.

Buat pengunjung yang bawa makanan baiknya makanan lu simpan deh di tas jangan sampai pas masuk hutan ada babi cium makanan lu, bakalan ngejar tuh babi sampai lu kasih makan. Kayak nasib gua waktu menuju kesana ditengah jalan ketemu babi tapi bukan babi hutan tapi babi potong yang dipelihara warga. jadi, ceritanya tuh gua bawa roti gila juga ya babi makannya roti udah babi modern aja. Jadi, pas gua lewat dia cium-cium makanan yang gua bawa dan ngikutin trus tapi gak di seruduk juga sih. gua parno juga gitu ya udah gua lemparin tuh roti jauh-jauh dan babi itu ngejar tuh roti dan dimakannya.

Pantai Saporkren juga seperti pantai yang tersembunyi karena menuju kesini lu bakalan masuk hutan dulu tapi tenang udah ada jalurnya kok jadi lu gak bakalan tersesat deh.

Pantai Saporkren, Enjoy this video



Mantap gak tuh pantainya gila pasirnya itu loh bikin gua
kehilangan dewasa gua kembali  jadi anak kecil yang suka main pasir.
😂😂😂 



Ini gua lagi tidur siang diatas laut
Antimainstream kan gua.

Ini Korban Air Asia yang baru ditemukan terdampar di laut papua, 
kok bisa nyasar jauh gitu ya guys
hihi...

Ini dia dermaga yang gua maksud menuju ke pantai tersebut.

Oke guys, cukup sekian dulu ya gua bahas traveling gua hari ini. Jadi, gua di Raja Ampat ini bukan sekedar jalan tapi gua kerja cuma kebetulan aja gua beruntung dapat di raja ampat surganya Laut Indonesia. Ingat, kalau kesini jangan buang sampah sembarang, kita harus tetap merawat dan menjaga keindahan alam negeri kita. Klo negara lain lu buat kotor aja biar orang asing pada liburan kesini. Hihi.... (Warning : Jangan diikuti saran yang terakhir cuma bercanda doang)😆

Sekian duku guys, dan tunggu cerita gua untuk traveling selanjutnya. Next Trip Piaynemo, Raja Ampat, The Paradise Iskand in the world 😊😊😍😍 

Jangan Lupa Baca Artikel gue yang lain : One Day Trip Piaynemo, Raja Ampat (The Last paradise)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Job di Kota Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara (2016)

12 Tempat Yang Bisa Dikunjungi di Kota Balikpapan

7 Hal Yang Bisa Dilakukan di Kota Weda, Kabupaten Halmahera Tengah

One Day Trip Ambon, Maluku

Explore Weda, Desa Payahe (Air Terjun Sigela)