One Day Trip Piaynemo, Raja Ampat (The Last paradise)

Halo guys, back to again dan sekian lama gua gak ngeposting karena kesibukan gue kerja padat sekali. Jadi, kali ini gue akan ngepost trip gue selama di Raja Ampat. Yups, Gue akhirnya ngetrip ke Piaynemo Raja Ampat, Surga Bahari dunia dimana 75% jenis karang ada disana. Gue ngetrip ini Tahun 2017 Bulan Desember kemarin. Tahun 2018 ini pun gue masih kerja di Raja Ampat sebagai supervisor.

Perjalanan gue ke Piaynemo ini start dari Kota Waisai Raja Ampat, Sebenarnya lu bisa juga start dari Sorong karena banyak paket trip menyediakan tour ke piaynemo dan homebase tripnya memang berada di Sorong. So, gue ke Piaynemo itu udah dua kali yang pertama gue pake Travel dan ya harganya Lumayan Gede sekitar 1,5 juta/orang untuk sekali trip doang tapi itu udah include sama paket makan siang, snack, dan snorkling semua lengkap. Kecuali lo pengen diving lu mesti tambahan budget sekitar 1 jutaan lah. Gue ngetrip pas gue udah selesai kerjaan jadi ceritanya refreshing habis suntuk karena pekerjaan. Karena gue di jemput di kota Waisai makanya paketnya nambah 200 ribu lagi guys. Gue gak berangkat sendiri, gue berangkat bertiga sama teman kerja gue selama di Raja Ampat. Gue berangkat pertengahan Desember dan menggunakan Paket Misool Trip. Gue gak endorse ya guys tapi gue recommended banget pake nih travel karena pelayanannya bagus banget. Mereka menyediakan go pro juga sehingga buat lu yang pengen foto bawah air juga bisa langsung di fotoin sama tour guidenya dan hasilnya akan dikirim lewat email. Mereka bahkan menyediakan banyak minuman sehingga lu gak perlu cemas kehausan saat naik tangga.

Gue akan jelasin sudut pandang Raja Ampat ini dulu ya guys, Jadi Raja Ampat ini memiliki kota Kabupaten bernama Raja Ampat atau dikenal dengan nama lain Waisai. Sebelumnya gue juga pernah nulis tentang spot pantai di Raja Ampat. Di Raja Ampat banyak sekali pulau-pulau dan yang paling terkenal itu adalah Piaynemo, Wayag, dan Misool. Buat lu yang pengen ke Wayag ama Misool lu harus siapkan budget lebih karena perjalanan yang cukup jauh sehingga lu harus nginap dengan trip 3 hari 2 Malam atau 4 hari 3 malam. But, jika lu udah ke Piaynemo artinya lu udah ke Raja Ampat karena Piaynemo itu udah seperti wayag kata orang sini itu adalah anaknya Wayag karena bentuk gugusan pulaunya mirip banget dengan yang di Wayag cuma beda ukuran aja guys.
So, Inilah trip pertama gue ke surga bahari dunia Raja Ampat, 😍😍😍

Gue pake travel jadinya gue rombongan sekitar 15 orang
tapi seru kok guys bertemu dengan orang baru

Ini dia spot untuk snorkling klo gak salah di Aborek
hehe (Sorry gue lupa2 ingat sih)

Oke guys, jadi spot pertama yang kita kunjungi itu adalah Telaga Manta, perjalanan dari kota raja ampat ke telaga manta ini lumayan cukup jauh karena hampir ditempuh selama 2 jam. So, saat lu sampai di dermaga lu harus siap-siap naik tangga tapi gak tinggi juga cuma lumayan menguras teringat. Bagus juga buat kesehatan sekalian berolahrga. Tapi, tenang guys jadi menuju puncaknya itu gak susah karena udah ada tangga kayu jadi perjalanan aman terkendali kapten. wkwkkwkwkw

Inilah teman gue selama bekerja di Raja Ampat

Udah kelihatan gak guys mantanya tuh keren kan 😚

ini dia bagian bawah dari dermaga telaga manta,
airnya itu loh gak bisa move on pengen loncat 😒

Oke, lanjut jadi spot ke dua itu kita ke Piaynemo, Lokasinya gak jauh kok dari telaga manta tadi cuma beberapa menit saja. Jadi, menuju ke puncak Piaynemo ini ya lumayan lebih menguras tenaga dibandingkan telaga manta tadi karena jumlah anak tangganya lebih banyak tapi tenang guys di setiap post ada tempat beristirahat jadi lu bisa santai dlu ambil napas trus lanjut lagi deh ke puncak Piaynemo. Pas lu udah nyampe ke puncak semua rasa lelah, emosi, dan keragu-raguan lu bakalan hilang deh. Gue aja spechless banget pas di atas dan so amzing view. Gak bisa berkata-kata lagi, itu sangat so so beautiful guys. (Maaf ya bro pake bhs alien, bhs indonesia gua pas2an soalnya hihihihhiπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚)

gue gak bisa nutup mata nih guys

So amazing gak guys

peace ya duluan gue kesini nanti gue titip salam untuk kalian

again and again, sorry spam foto dulu hihi

keren kan mana gue atau tetap gue :D

Habis dari sini trus gue menuju ke Telaga Patrick hehe, maksudnya Telaga Bintang ketahuan yang gak pernah nonton spongebob gak tahu Patrick. Kok malah ngomong spongebob ya gak nyambung. Oke jadi sebelum kami semua bersama teman-teman trip ke Telaga Bintang, gue makan siang dulu di salah satu cafe di Piaynemo suasananya sejuk banget ditemani kicauan angin sepoi-sepoi. Kok Kicauan harusnya kan hembusan ya guys. Sorry seperti yang gue bilang bahasa indo gue masih dasar wkwkwk biasanya gue pake bahasa alien campur2 hihihhihihihi. (Nasi Campur KaliπŸ‘¨)

Setelah makan siang baru deh gue lanjut ke Telaga Bintang, kalau gak salah itu sudah pukul 1 siang guys gila puanas banget gak tuh tapi viewnya cukup memancing jadi rasa panasnya gak terasa. Menuju Telaga Bintang itu tanjakannya cukup terjal dan harus hati-hati karena tidak ada sama sekali anak tangga yang ada hanya batu karang yang di ukir anak tangga dan harus ngantri kalau naik ke puncak soalnya salah dikit aja kaki kita bisa robek kena karang. Ngeri banget tuh guys.... But, Overall semuanya akan terbayarkan kok pas lu udah sampe di puncak seakan lu gak pengen balik ke kota lagi yang penat dan penuh polusi. Lah kalau gak mau balik jadi Tarzan aja sekalian. (Tarzan kan hidupnya di hutan bukan dilaut) Ups salah trus nih guys. huft!!!!!

Patrick I found you

Gila keren banget kan telaganya

Teman gak mau ngalah main nyosor aja ikut foto

tanjakan maut atau tanjakan cinta ya #bapertingkatdewa

karena kita orang terakhir turun perlu diabadikan nih
thanks buat guidenya yang sabar banget hadapi kita hehehe

And the last trip waktunya kita basah-basahan. Yups, habis kita selesai ambil spot foto di berbagai tempat waktunya kita berenang. Gue lanjut ke aborek salah satu tempat diving dan snorkling terbaik juga. Gak tahu ke berapa di dunia ya. Cek aja di Wikipedia klo penasaran hihihi. Sebenarnya nih guys ada satu tempat kita lewati buat hunting yaitu Pasir Timbul. Sebenarnya itu biasa aja cuma saat air laut surut pasirnya langsung kelihatan kayak bukit dan berada di tengah laut. Keren banget gak guys di bayangkan tapi waktu tidak tepat karena air sudah pasang. Nih semua gara-gara kelamaan fotonya, bukan lama foto tapi antrinya yang lama untuk sekali foto. Apalagi tuh kalau cewek yang di foto itu 1 : 100 bagi gue. Gue sekali take aja kalau cewek sampe ratusan kali take baru di anggap bagus. Nyeselin banget gak tuh guys kayak pengen gue lempar ke laut trus biar di makan Hiu. HOHOOHO (gue ada jiwa psikopat juga guys)

Sesampainya di aborek itu kita singgah di dua tempat yang berbeda dimana spot pertama untuk melihat kumpulan ikan sedangkan spot kedua untuk menikmati terumbu karang karena lokasinya gak cukup dalam jadi bisa santai menikmati terumbu karangnya. Tapi, arusnya cukup deras juga guys klo nyelam sampe bawah.

Ikannya pada ngumpul cari makan

Ini gue ngapain ya, cari tude mungkinπŸ˜“πŸ˜“πŸ˜“

menyelam gak jelas, ikannya pada lari semua😠

Ini gue tenggelam belum siap foto

Mantap gak gan pulaunya. Lovely Raja Ampat

Bapak2 yang dibelakang ganggu amat deh pengen eksis juga.
Bukan jaman Om, Ingat UmurπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Yups itulah ending dari perjalanan ini habis kita snorkling selama sejam-an akhirnya gue pulang ke Sorong lanjut ke Makassar. Enak banget kalau pekerjaan selesai trus liburan begini otak gue kembali fresh.  Gue akan menceritakan mungkin nanti pengalaman gue ke Paiynemo untuk kedua kalinya tapi dengan Budget terbatas. Tahun ini 2018 gue masih diberi kesempatan kerja di Raja Ampat. Dan masih banyak yang pengen gue eksplore selama disini. OKe, sekian dulu guys sampai jumpa di trip selanjutnya.

Jangan Lupa di baca juga artiker gue  : Explore Pantai Raja Ampat

Oia, ini gue kasih bonus features kejahilan tour guide gue πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜€

Enjoy it hihihi

Ini gue udah jalan pulang ke Sorong 😊

Note : Paket Trip bisa langsung cek IG : misooltrip,
Semua jadwal sudah tersedian dengan pilihan paketnya. Bukan Promosi ya guys hehehe