One Day Trip Piaynemo, Raja Ampat Part 2

Oke guys back to me again, emang harus back kemana yah kalau selain gue hehehe...  Sip, kali ini gue akan mensharing trip ke dua gue ke Piaynemo Raja Ampat dengan budget murah. So, Bagaimana caranya yaitu kalian harus punya kenalan dulu. Hahahahahahahaha......

Yups betul sekali, kali ini gue menceritakan suka duka gue waktu ke Piaynemo ke dua kalinya ini karena saat itu bulan puasa tahun 2018 dan persiapan kesana betul-betul sudah matang. Gue berangkat sama teman gue sekitar 10 orang dengan nahkoda 2 jadi total 12 orang. Mereka datang dari Sorong ke Kota Raja Ampat hanya karena pengen banget ke Piaynemo. Ekspestasi gue kali ini betul betul luar biasa karena gue pengen  sekali mengunjungi Batu Pinsil dan Pasir Timbul yang gak gue kunjungi waktu ke Piaynemo kemarin.

Jadi ceritanya teman gue punya junior asli Raja Ampat dan gue baru tahu itu, terus dia punya kapal nih jadi dengan baik hatinya dia meminjamkan kapalnya hanya dengan bayar uang bahan bakar saja. So, Budget untuk bahan bakar itu sekitar 2 juta, lah kok mahal amat ya lu mikir juga perjalanan itu hampir memakan waktu sejam lebih belum kita menggunakan 2 mesin dan juga mengantisipasi bahan bakar lebih agar gak kehabisan. Gak kebayangkan kalau lu sampai terapung-apung di laut selama berhari-hari gara-gara bahan bakar habis. Ngeri gak guys belum lagi kalau ngebayangin di kelilingi Hiu. Gileee tambah seram aja nih cerita. Kok malah ngebayangin yang aneh-aneh ya harusnya kalau perjalanan jauh ya postif thinking aja ya guys. heheheehe....

Nah katanya 10 orang ini kok cuma 5 orang, yang lain pada
sibuk selfi hohoho....

Oke dengan budget 2 juta bensin, lu bisa tuh patungan sama teman lu misalkan gue 10 orang jadi gue bayar 200 ribu/kepala. Murahkan guys daripada pake travel bayar 1,5 juta. Tapi, fasilitas lu yang nanggung masing-masing. And jadilah kita berangkat ke pelabuhan/dermaga kalau gak salah jam 9 pagi. Nah disinilah dukanya ternyata air lagi surut dan kapal kandas di pinggir pantai. Gile sedih banget gua padahal ekspestai gue untuk berangkat biar dapat pasir timbul akhirnya kandas juga. Katanya siang baru bisa berangkat dikarenakan air baru pasang siang hari. Alhasil menunggulah kita lama pake banget di dermaga. Oia, karena itu hari bulan puasa jadilah nambah penderitaan kita.  Dari 10 orang, 2 teman gue Non Muslim, enak banget dia gak perlu kehausan. Lah kita menderita. Sambil nunggu jam berganti jam, menit berganti menit, dan detik berganti detik. Akhirnya kita menghilangkan kebosanan dengan hunting-hunting foto.

Lu bisa fokus ke belakang airnya lagi surut huft.....

gue sambil tiduran sanging bosannya nunggu

Okelah, berjam-jam dengan cuaca ekstream di Raja Ampat dan keadaan lagi puasa gua ada niat buat batalin puasa tapi gue tahan. Beberapa teman gue pun yang puasa sudah ngebatalin puasanya sanging gak tahannya sama cuaca ekstream di Raja Ampat. Lu bisa ngebayangin gak klo semenit aja lu berjemur itu kulit lu udah gosong setengahnya. Hahaha... emang dimasak sampe gosong gitu. 😱😱😱😱 (kata-katanya lebay amat ya guys.. hihihi)

Oke sip waktu sudah menunjukkan pukul 3 Siang, gila lu bisa kebayang gak dari jam 9 pagi ke jam 3 siang itu ada sekitar 5 jam gue nunggu air pasang agar kapal bisa keluar dari penangkarannya. 😵😵😵. Pasti kalian bertanya kenapa gak lu angkat tuh kapal kan lu rombongan, gila ini kapal speed bro sis guys whateverlah hahaaa........ lu kira beratnya cuma sekilo doang gaklah beratnya hampir seton-an, ini kapal bukan hati manusia, apaan sih bahasa gue gak karuan gini jadinya. Mohon di maklumi ya guys. (gagal move on) hihihihi....

Oke sip, kapal sudah bisa keluar ke laut lepas dan akhirnya kita pun berangkat dengan muka sudah lelah, bibir pecah-pecah, dan sudah kekurangan darah. Makanya minum Lasegar biar makin segar. Kok jadi iklan gini. Oke back to story gue lanjut sudah perjalanan ke Piaynemo Raja Ampat. Dan selama perjalanan itu sangat menengangkan apalagi kapal gak ada atapnya lagi tambah deh penderitaan gue. Karena berangkat udah kesorean banget alhasil kita dapat ombak tinggi dan selama perjalanan kapal terombang ambing gak karuan dan beberapa kali mati mesin. Gila lu udah gak safety gak ada pelampung, mesinnya mati pula. Gue pun udah incar beberapa kayu yang ada di kapal klo sewaktu-waktu kapal akan karam. Gila gue makin parno aja. Gue sih gak masalah soal terapung di laut tapi yang jadi masalah adalah Hiunya itu loh. Sial!!!! Tapi untunglah selama perjalanan kita masih diberi umur panjang dan selamat sampai tujuan.  Dan nahkoda kapal gue berpengalaman banget dengan santainya dia ngebawa speed boat tanpa rasa takut sekalipun. Iyalah kalau nahkodanya panik kita malah lebih panik lagi dong.

Lu bisa ngebayangin gak guys speed boatnya kayak bagaimana
but inilah pengalaman terburuk sepanjang masa. hehe...

pintu gerbang menuju Surga (hihihi)

Jadi, kalau gak salah kita tiba jam 5an lah karena perjalanan gak semulus yang gue kira. So, yang kita datangi hanya satu spot lokasi saja. Sedih banget deh gue, ekspestasi gue jadi down banget. Mungkin buat teman gue yang pertama kali kesini udah cukup yang penting sudah bisa ngerasain nikmaatnya keindahan Raja Ampat. Tapi gue mah kurang dari cukup, rasanya itu nyesek banget sakit tak berdarah. hikz hikz.....😭😭😭😭

Tapi tak apalah, yang penting teman gue merasa senang dan gue pun ikut senang. Namanya juga dengan budget terbatas ya mau gimana lagi kan guys. Tetap kita harus mensyukuri. Oia, hari itu juga kita bawa drone jadi bisalah kita ngerekam dari puncak Piaynemo ini. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya kalau menuju puncak harus menaiki anak tetangga dulu dan gak kebayang gue lagi puasa. Bertambah deh lagi dan lagi penderitaan gue. Sekedar info jadi masuk ke kawasan Piaynemo ini sebenarnya ada biaya tambahan bayar 200 ribu/orang. Tapi, yang gue bilang tadi kita punya orang dalam ya kita cuma bayar 300 ribu aja. Pantes tripnya mahal ya guys lah uang masuknya aja mahal gitu. Makanya kalau mau enak ya pakai travel tapi budget juga lumayanlah. Ada Harga Ada Fasilitas bukan begitu gak guys. Makanya, nabung dong jangan ngeluh doang. wkwkwkw (Kok gue jadi ceramah begini ya). Gua akan tunjukkan penampakan Piaynemo Raja Ampat dari Top.

Enjoy Piaynemo, Raja Ampat 😍😍😍

Kulit gue eksotis banget gak guys.

Selagi teman gue sibuk ngefoto gue malah sibuk terbangin drone guys. Alhasil yang di video yang ada cuma muka gue aja. Hihiihi... Sehabis puas kita ngehunting, selfi, dan story ig, kita pulang dan jam sudah menunjukkan pukul 6 lewat tapi itu belum buka puasa karena di Raja Ampat ini waktu bukanya hampir setengah 7 sore. Jadi, ya kita buka puasanya di perjalanan pulang deh diatas speed boat dengan terombang ambing dimakan waktu. (puitis banget deh gue😙😚😜). Nah, waktu pulangnya juga ini lebih parah daripada yang gue ngebayangi waktu pergi tadi karena ombak kencang dan tinggi kapten. Kita duduk manis sambil terpental-pental gak jelas di speed boat. Tapi, selama perjalanan juga kita disuguhi pemandangan yang indah. Langitnya guys keren banget nanti gue tunjukkin hasil hunting gue selama perjalanan pulang.

Setelah hampir 2 jam terapung-terapung di lautan akhirnya deh kita sampai juga di kota waisai raja ampat. Akhirnya penderitaan gue berakhir juga. Badan terasa pegal semua dan pantat mulai tepos kelamaan duduk. Haha...... Oke sekian ya guys nantikan cerita gue selanjutnya selama di Raja Ampat, katanya sih masa banyak spot bagus di Raja Ampat selain pantainya yaitu Air Terjun dan Kali Biru. Tapi, gue cari momen yang pas dulu baru kesana soalnya kerjaan numpuk banget nih guys gak ada waktu. (Sok sibuk banget deh gue), iya dong supervisor wkwkwwwkwkwkwk...... SEKIAN.

Budget yang keluar :
1. Bahan Bakar Kapal    : Rp 2.000.000,-
2. Uang Masuk Piaynemo : Rp 300.000,-
3. Uang Untuk Nahkoda/Teknisi : Rp 200.000,-

Note : Buat lu yang gak ada kenalan banyak yang nyewain speedboatnya di Kota Raja Ampat ini dengan budget 5 juta - 6 juta rupiah tergantung cara lu nawar. Itu bisa muat sampe 15 orang. So, kalau cari murah ya rombongan biar bisa patungan but itu di luar uang masuk ya. Lu bisa mintol saja sama punya kapal biar lu di kasih harga murah masuk ke Piaynemonya. Oke sip guys. Bye.....

Nb: Jangan lupa dibaca juga artikel lainnya One Day Trip Piaynemo, Raja Ampat Part 1

Bonus : 😆😆😆😎

Enjoy Your Life Guys, Love you all hihihhi......