One Day Trip Ambon, Maluku

Hi guys, back to again for a long time, udah lama sekali gua gak nulis pengalaman gua trip ke beberapa daerah. Bagaimana keadaan kalian semua guys? soalnya gua lagi gak baik-baik saja, bosan, gabut gak ngapain-ngapain gara-gara pandemi corona yang gak kunjung berakhir. Tahun 2020 ini benar-benar suck soalnya banyak pekerjaan gua terhambat dan sedihnya gua harus stay at home gak bisa kemana-mana. Hikz...hikzz...

Hari ini gua mau ceritakan pengalaman trip gua ke Ambon untuk pertama kalinya. Gua trip kalau gak salah bulan Januari tahun 2020 sebelum pandemi menyebar dan parah sampai saat ini. Hari itu gua sempat ambil cuti untuk 2 hari dan gua start penerbangan dari Sorong menuju Ambon. Ya waktu gua sangat mepet apalagi gua gak bisa lama-lama ninggalin pekerjaan gua sebagai pengawas lapangan. So, gua ambil day off gua di hari Sabtu dan Minggu. Bukan day off juga sih karena hari itu hari weekend. 😓😓😓

Oia, Kota Ambon ini sebelumnya pada bulan September 2019 pernah dilanda gempa dan itu cukup parah banget. Dan waktu gua berkunjung kesana sampai bandaranya pun atap plafonnya hancur banget dan beberapa mal juga parah banyak dindingnya rusak. Cukup deg-degan juga sih waktu mau trip kesana tapi teman gua bilang udah normal dan ya gua beranikan diri kesana dan banyak-banyak berdoa biar gak terjadi hal-hal yang gak diinginkan termasuk gempa. Apalagi, gua nginap dikosan teman gua yang berada di lantai 4 gitu. Gila itu malah bikin gua tambah was-was parah sih.

Night View Ambon City

Ceritanya sabtu pagi berangkat deh gua dari Bandara DEO sorong menuju Bandara Pattimura Ambon dengan menggunakan pesawat Wings Air. Untuk harga tiket gua dapat sekitar Rp 700.000,- sekali pergi. Jadi, kalau PP ya hitung sendiri, harga tiket gak jauh beda kok. Kecuali kalian gak bisa hitung ya kalian siapkan kalkulator guys. 😅

Setibanya gua di bandara Ambon, gua cukup beruntung sih karena cuaca cukup cerah padahal gua berangkat saat itu musim hujan. Mungkin, Tuhan masih sayang sama gua untuk dapat menikmati ciptaan alamnya yang indah ini. Jangan iri ya buat kalian yang gak dapat hari baik saat trip, mungkin kalian perlu banyak-banyak berdoa. Peace ✌. So, gua di Ambon gak nginap di hotel soalnya gua numpang nginap di kosan teman gua, lumayan hemat budget dan Gratis. Siapa sih gak suka gratisan. hehe.... Gua naik taksi dari bandara ke kosan teman gua bayar sekitar Rp 100.000,-an karena gua naik taksi bandara. Gak ada nego-nego sih tapi bisa juga naik Ojek dengan biaya lebih murah. Tapi, hari itu cuacanya agak panas jadinya mending gua naik taksi soalnya gua mikir juga gua kan gak bayar penginapan juga. Itulah gunanya kalau punya teman di daerah yang ingin kalian kunjungi bisa dimanfaatkan sebagai lahan gratis untuk nginap. hihhihihihiii..... Gua gak jahat kok soalnya gua juga bayarin makan teman gua (alias traktir makan) sebagai ucapan terima kasih gua karena udah nginap di tempatnya.

Setibanya di penginapan alias kosan teman gua, gua istirahat sejenak dulu lumayan untuk perjalanan sejam lebih di pesawat baling-baling yang terasa kayak naik angkot bikin badan pegal juga. Teman gua itu hari masuk kantor jadinya gua nunggu teman gua pulang dulu baru kita jalan sorenya. Gua di Ambon rental mobil biar lebih enak jalan-jalannya. Tapi, gua sialnya dapat rental yang agak mahal soalnya banyak full di booking orang karena hari itu hari weekend. So, mobil rental laris manis. Itupun setelah beberapa jam gua nelpon tempat rental di beberapa tempat, gua akhirnya dapat mobil Honda Mobilio yang harganya sekitar Rp 450.000/Hari lepas kunci. Ya lumayan gua rentalnya 2 hari untuk dipakai hari sabtu dan minggu. 

Sabtunya gua gak ke tempat wisata unggulannya, hanya jalan-jalan disekitaran Kota Ambon dan menonton bioskop di mall-nya. Kok bioskop ya karena di Sorong gak ada bioskop cuyy, gua udah beberapa bulan udah gak pernah ke bioskop jadinya gua kesana walaupun gak ada film bagus sih. Gua malah nonton film drama Indonesia yang ceritanya malah ngebosenin banget. Tapi, sekarang di Kota Sorong udah ada bioskop untuk pertama kali sih jadi kalau menonton gua gak perlu lagi jauh-jauh pulang ke Makassar maklum gua hobinya Nonton makanya gua langganan Netflix. Kok gua jadi malah endorse gini 😩😓. 

Back to Topic, Sorenya gua berangkat berdua naik mobil rental keliling Kota Ambon, yang gua kunjungi pertama itu Masjid Agungnya dan Gong Perdamaian. Karena gua muslim pasti kurang berasa kalau gak mengunjugi masjid terbesar di Kota Ambon sekaligus juga wisata religi. Cuma mau melihat arsitekturnya aja karena jurusan gua juga jurusan Arsitektur.


Nih gua berada dibelakang Masjid Raya Kota Ambon.
Pintunya semua kayak dilapisi emas tapi bukan emas sih cuma 
catnya aja. hehe (kalau emas betulan pasti udah dicuri dong) 😁

Gak lama dari situ, gua lanjutin perjalanan gua menuju Gong Perdamaian. Gong ini wajib dikunjungi karena Gong ini sebagai tanda perdamaian antara dua Agama Islam dan Kristen. Lu tahukan sendiri di jaman tahun 90an pernah terjadi konflik berdarah dan pembataian antar agama dan banyak sekali memakan korban di jamannya. Makanya di bangunlah Gong ini sebagai simbol perdamaian walaupun sampai saat ini, orang-orang masih waspada jangan sampai konflik ini pecah kembali. Uniknya di Kota ambon ini beberapa distrik udah terpisah antara kampung Islam dan Kampung Kristen dan itu masih ada sampai sekarang ini. Cukup was-was juga sih tapi sekarang aman-aman sih. Untuk biaya masuk ke taman Gong Perdamaian ini cukup bayar Rp 5.000/orang.


Gong Perdamaian lokasinya gak jauh dari Masjid Raya.
Lokasinya tuh seperti taman jadi ya cukuplah buat nyantai-nyatai sore hari.

Next, gua jemput lagi 2 teman gua karena rencananya kita mau nonton bareng dibioskop. Jadi, gua nonton itu sekitar jam 19.15 dan hari  itu gua datang masih agak sorean jadi nongkrong dululah di toko donuts sambil menunggu waktu maghrib. Habis dari nonton kita lanjutin nongkrong ke El' House Cafe. Cafenya itu ada diatas bukit gitu loh dan pemandangannya keren banget dari sana karena bisa lihat seluruh pemdangan Kota Ambon termasuk jembatan Merah Putih. Untuk makan di cafe ini sih cukup terjangkau sih dari sekitaran 30.000an - 50.000an. But, lu gak bakalan kecewa sih karena viewnya aja keren banget sangat direkomendasikan. Buat yang pertama kali kesana dan bawa kendaraan sendiri cukup hati-hati ya guys soalnya tanjakannya cukup terjal banget dan jalannya sempit. Kalau lu gak nguasai jalan bisa-bisa kendaraan lu bakalan mundur dan nabrak rumah orang atau jatuh di jurang. Cukup ngeri juga sih, gua aja sampai tahan nafas waktu kesana. Tenang guys, gua masih hidup kok kalau gak hidup siapa lagi yang bisa ceritain perjalanan ini. 😘😘😘

Ini gua waktu mau nonton dibioskop dan masih ada waktu
buang hangout dulu.

Nah, in cafenya guys El' House Cafe yang viewnya 
keren banget dan sejuk. (jangan fokus ke makanan-nya ya guys)😁

Di cafe ini kita nongkrong cukup lama sampai tengah malam gitu dan benar-benar sangat menikmatinya apalagi ada alunan musiknya yang bikin suasana jadi gak boring kecuali buat kalian yang suka ketenangan cafe ini gak cocok sih buat kalian. Habis dari sini kita balik untuk istirahat untuk melanjutkan perjalanan yang sesungguhnya. Soalnya lokasi wisatanya agak saling berjauhan sih dari satu tempat ke tempat lain dan gua gak mau melewatin itu semua.

Minggu paginya, gua berangkat bersama teman-teman gua. Jadi, gua berempat berangkat menuju ke Batu Lubang. Lokasinya ini adalah pantai yang berbatu bukan berpasir sih tapi cukup worth it buat dikunjungi, Namanya Batu Lubang karena ditengah-tengah karang ada lubang gitu guys kayak pintu gerbang gitu. Airnya juga jernih banget dan bersih makanya kalau kesini jangan buang sampah sembarangan ya guys. Masuk kesini tuh gua cuma bayar 5000/orang cukup murah meriah untuk pantai secantik ini. Dan sangat instgaramable sekali, disini juga kalau mau berenang ataupun santai juga sangat bagus tapi karena gua mau lanjutin ke pantai selanjutnya makanya gua gak mau basah-basahan dulu disini.

Hmm... gua lagi have fun aja.



Airnya benar-benar bening banget guys. 
jadi, pengen nyemplung.


Bagusnya kesini tuh pas air laut pasang jadi kayak kolam renang gitu.

Ini dia lubangnya guys gak kalah keren ama broken beach di Bali kan.

So, inilah batu lubang dan pantainya tuh gak berpasir tapi berbatu. 😁
(btw, kalian lihat gak ada lubang di batunya itu?)

Next, gua lanjut ke wisata sejarah dulu. Soalnya diperjalanan itu masih siang dan untuk ke pantai selanjutnya terlalu cepat sih dan cuaca panas banget makanya kita cari lokasi yang adem-adem dulu. Perjalanan menuju Benteng Amsterdam lumayan cukup jauh sih waktu perjalanan ampe sejam lebih sih. Makanya kita memilih lanjut perjalanan kesana dulu sebelum berakhir di Pantai Liang. Selama perjalanan juga kita singgah makan siang dulu guys. Oia, buat kalian yang muslim kalau singgah makan di daerah perkampungan Islam gitu biar terjamin makanannya Halal. Karena, beberapa distrik yang kita lewati masih terbagi perkampungannya Islam dan kristen. Ya begitulah suasana di Kota Ambon ini sampai sekarang perkampungannya belum berbaur sama sekali. Untuk masuk ke Benteng Amsterdam ini cukup nyumbang seikhlasnya aja. Gak ada batasan untuk nyumbang berapa, semakin banyak juga lebih bagus lagi biar Benteng ini tetap terjaga. Bentengnya tuh sederhana tapi cukup menarik dan cukup instagramable sih karena lokasi pemandangan benteng ini langsung menuju ke laut. Jadi, Keren banget sih menurut gua dan tetap gua rekomendasikan kesini.

Gua bersih-bersih dulu biar masuk gratis. hihi...
maklum suka gratisan.😜


ini dia bentengnya, kecil banget kan tapi kalau dari dalam 
view kelautnya keren banget guys.

Salam hai dulu.

Gua nunggu Princess nyelematin gua yang tak kunjung datang.😞😞😞

Enjoy the view

Kapan ya jodoh gua datang? (Halu)

Lanjut perjalanan terakhir, karena udah agak sore jadinya gua lanjut ke Pantai Liang. Lokasinya yang agak berjauhan juga dari Benteng Amsterdam tadi memerlukan waktu sejam dari sana. Sebenarnya banyak pantai di Kota Ambon ini yang bisa dikunjungi tapi gua memilih pantai liang karena pantainya ini bersih banget dan pasirnya pasir putih dan halus banget kayak tepung. Di akhir perjalan gua milih untuk berenang disini dong. Sayang banget kalau gak nikmati airnya yang jernih banget. Untuk masuk kesini biayanya agak mahal dari beberapa tempat wisata sebelumnya saya kunjungi ya sekitar 15.000/orang dan biaya masuk mobil 10.000/mobil. Ya, standarlah dan termasuk murah juga menurut gua dibanding pantai di Makassar yang udah hitam kotor lagi. Sorry makassar, untuk pantai emang kalah jauh dengan Ambon punya. Karena gua udah gak tahan lama-lama menikmati pantai ini dan gak sabar buat nyemplung. Apalagi anginnya sepoi-sepoi gitu dan bisa sewa alas tikar jadi kayak piknik gitu. Untuk biaya sewa tikar cuma 20.000/tikar dan gak ada batasan waktunya. Emang pantai liang ini sangat baik untuk bersantai dan menutup liburan gua dengan penuh kebahagiaan. 😍😘
Piknik dulu guys.

Enjoy coconut Island.

Asli airnya bening banget dah.

Ini hujan buatan ya guys. Mikir sendiri gimana caranya.😁


So, inilah akhir perjalanan gua di hari weekend ini walaupun sangat singkat untuk liburan kali ini tapi cukup mengasyikkan. Sebelum gua balik gua sempatin singgah di tempat makan rujak di pinggir pantai. Ambon ini terkenal juga dengan rujaknya tapi sampai kesana ternyata ibunya lupa buatkan rujaknya dan gua cukup kesal sih. Udah nunggu lama tapi gak dibuat-buat juga pesanan rujak gua karena saat itu ibunya juga banyak pelanggan sih. Dan akhir gua milih untuk pulang aja daripada mesan ulang. 

Malamnya, sebelum besoknya gua balik ke sorong. Teman gua ngajakin makan malam di Wailela cafe n Resto. Lokasinya cukup asyik sih buat nongkrong pinggir laut gitu dan nyaman banget cafenya. Kalau dibandingkan dengan cafe yang pertama gua kunjungi dibukit, cafe Wailela ini lebih besar dan harga makanan ya standar sih gak terlalu mahal dan gak murah juga.

Gila sih tempatnya romantis gitu, gua malah berdua sama teman gua.
Dan ini awkward banget soalnya teman gua cowok. haha...

Viewnya langsung ke kota ambon, cantik banget lampu-lampunya

Oia, akhirnya gua bisa nyobain rujak dan gua mesan di cafe ini
dan emang banyak banget porsinya, gua aja gak bisa ngehabisinnya. 😫

Sebelum gua nutup perjalanan gua hari ini, gua juga sempat buat video vlog gitu dan semoga kalian suka ya guys. 

Wonderful Ambon. ( I hope u enjoy it).

Oke guys, Sampai disini perjalanan gua di Kota Ambon ini. Sebenarnya banyak sih tempat bisa dikunjungi di Ambon ini, banyak pulau-pulaunya yang sangat menarik tapi waktu gua gak cukup untuk ngejangkau semua. Semoga, dilain kesempatan gua bisa berkunjungg ke kesini lagi. Sampai jumpa di trip selanjutnya guys. Gua harap pandemi ini segera berakhir biar gua bisa ngetrip lagi dan bisa ngeshare ke kalian juga. Semoga kalian baik-baik semua. Tetap jaga kesehatan dan stay safe ya guys. See u. XOXO.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Job di Kota Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara (2016)

12 Tempat Yang Bisa Dikunjungi di Kota Balikpapan

7 Hal Yang Bisa Dilakukan di Kota Weda, Kabupaten Halmahera Tengah

Explore Weda, Desa Payahe (Air Terjun Sigela)