My Job di Teluk Wondama (Wasior), Papua Barat

Hi guys, everybody whats up good people, Gila udah Tahun 2019 dan tahun ini gua belum nulis apa-apa. Sorry ya guys, soalnya gua sibuk banget belakang tahun ini belakangan. Lu kira pasti gua udah di telan bumi-kan lah emang kita ada di dalam bumi, ya kan ya dong. Apaan sih gak jelas banget deh gua.

OIYA, gua baru ingat gua mau ceritain pengalaman gua dapat job di pedalaman pesisir Papua Barat. Ngeri gak kalau mikir udah pedalaman dan daerah Papua lagi. Emang gak takut gua diculik apa  sama Suku Asmat (suku asli papua yang masih menggunakan Koteka), mikir sih gitu tapi jalanin aja namanya juga Job yang ditugasin oleh Bos gak boleh nolak, nanti Auto dipecat deh gua. Gua makan apa coba kalau dipecat 😓.

oke, jadi ceritanya gua ini masih diperusahaan yang sama waktu gua di tempatkan di Raja Ampat tahun kemarin. Gak tahu kenapa gua dapat tempat yang enak tahun kemarin Raja Ampat gitu loh dan awal tahun ini gua malah dapat tempat yang hmm... gimana ya gimana gitu deh. Pokoknya mendingan di Kota Weda deh. Tahukan Kota Weda, yang gak tahu berarti gak pernah baca blog gua sebelumnya. Ketahuan kan deh lo. Oke next, jadi gini ceritanya, daritadi gini ceritanya kebanyakan basa basi deh gua, Hahahahahahaaha...... Jangan marah ya guys, Santuyyyyy!!!!😂

Hmm.. sampai dimana tadi, oke gua ingat. Jadi Akhir Tahun 2018, Bos gua dapat proyek fisik di Kabupaten Wondama, masih di Provinsi Papua Barat perbatasanlah dengan Provinsi Papua. Terus gua ditawarkan gitu kesana untuk mengawas. Job gua disini sebagai Pelaksana, nah gua mikir panjang disana kira-kira ada apa ya. Soalnya bos gua percaya gitu sama gua nanganin proyek besar gini anggaran M-M-an lah. Ya udah gua setuju aja daripada gua nganggur gitu. So, berangkatlah gua dari Makassar ke Sorong. Kebetulan gua punya kantorkan di Kota Sorong, jadi gua mempersiapkan apa-apa saja yang perlu dibawa kesana. Btw, gua berangkatnya sendiri. hikzz.....

Setelah semua udah disiapkan dan gak ada yang kelupaan, gua berangkat dari Sorong ke Manokwari. Soalnya menuju ke Wondama itu kita harus naik transportasi laut sedangkan darat belum sampai jangkauan. Sebenarnya jalannya sudah ada tapi ya belum bagus katanya dan masuk hutan. Ngeri banget kan nanti bukannya sampai tujuan malah nyasar.

Oke jadi menuju Teluk Wondama itu, ada 2 alternatif sih naik kapal laut atau naik pesawat. Kalau naik pesawat itu yang digunakan pesawat SUSI AIR dan cerita pengalaman orang yang gua dengar ih katanya seperti mimpi buruk soalnya penumpang cuma muat 9 orang gitu kan trus kita ngelihat pilotnya langsung nerbangin tuh pesawat. Pernah katanya diudara pesawatnya mati mesin dan pilotnya dengan santuyyy menstarter pesawat agar mesin nyala kembali. Gimana gak sport jantung kan penumpangnya.


Pelabuhan Teluk Wondama, Kapal Pelni aja bisa sandar guys gimana hatimu 
(kagak nyambung😞)
Btw, gua bukan naik kapal ini, kapal ini cuma transit sebulan sekali doang.


Oke jdi fix, gua mending naik kapal laut. Naik kapal laut juga ada 2 alternatif jadi bisa milih naik kapal cepat (kapal express bahari) atau kapal lambat (Kapal Margaret). Jadwalnya juga gak tiap hari jadi dalam seminggu cuma ada 3 kali doang berlabuh. Oke nih rincian kapal dan jadwal berangkat :

Jadi Start kita di Manokwari ke Wondama :
- Kapal Express Bahari, Berangkat : Rabu 12.00 WIT, Jumat 13.30WIT, dan Minggu 12.00 WIT
- Kapal Margaret : Rabu 17.00 WIT, Minggu 17.00 WIT

Start di Wondama ke Manokwari :
- Kapal Express Bahari, Berangkat : Senin 12.00 WIT, Kamis 12.00 WIT, dan Sabtu 10.00 WIT
- Kapal Margaret : Senin 17.00 WIT dan Kamis 17.00 WIT

Untuk harga tiket sendiri sih bervariasi masing2 memiliki kelas, untuk kapal Express Bahari harga tiket Rp 330.000,-/orang kelas ekonomi dan Rp 550.000,-/org kelas VIP. Kalau pribadi sih saya mending ambil ekonomi soalnya kelas VIP kan kursinya sendiri2 gitu tapi sandaran bisa rebahan sih jadi baring sambil duduk aja, cuma kalau kelas ekonomi kan kursinya nyambung gitu dan empuk juga karena dari sofa bukan yang keras-keras amat, nah setiap berlabuh kan pasti kapalnya gak full, jadi lu cari deh kursi yang satu deret kosong dan lu baring disitu seperti di kasur. Jadi, perjalanan gak terasa lama. Waktu perjalanan naik kapal express sekitar 6 Jam-an gitu lumayan lama loh.

Sedangkan Kapal Margaret hampir rata2 ada kasur tapi rebutan juga sih kalau lu gak dapat kasur ya lu tidur di lantai. Kapal Margaret juga ada kelas ekonomi dan VIP. Jadi bedanya kalau lu di kelas ekonomi lu gabung sama penumpang2 lain dalam satu ruangan besar. di VIP ya lu seperti booking kamar sendiri dan lebih privasi tapi ya kamarnya kecil sih lumayan buat tidur selama 12 jam-an. Harga Tiket ekonomi Rp 160.000,-/orang dan VIP Rp. 500.000,-/kamar (bisa 2 orang).

Kalau menurut pengalaman gua sih, mending naik kapal margaret aja lebih santuy dan berangkatnya malam jadi waktu gak terasa 12 jam di perjalanan. Jadi, pas bangun tau-tau udah nyampe dan lebih hemat misal nih lu berdua lu bisa booking kamar, jdi lu bisa tuh patungan 250.000/org. Dibandingkan naik express bahari emang durasi waktunya cepat 6 Jam, tapi kan berangkat siang dan lu bakalan susah tidur deh belum lagi kalau ombak tinggi bikin kepala puyeng 7 keliling. Ini sih menurut gua ya karena gua udah merasakan kedua kapal itu.

Pertama kali gua ke Wondama, gua naik Kapal Margaret jadi gua booking kamar, Gua gak sendiri, itu hari ditemanin bodyguard gua. Yaelah kayak bos aja deh gua pake bodyguard segala. Sekali-kali ngerasain jadi bos dulu, jangan cuma mimpi doang.😢 Karena gua berangkatnya berlima, jadi ceritanya gua ini bawa Tukang Kerja Bangunan yang nantinya mereka yang kerja disana gua cuma mengawasin doang. Gua booking deh 2 kamar, gila gua bayar ampe sejuta gitu kayak booking seharga kamar hotel aja. Tapi, tidur gua enak sih dan karena kapalnya slow jadi gak terasa goyangan didalam kapal. Jadi didalam kamar tuh ada 2 kasur bertingkat, gak tahu deh tukang gua yang bertiga tidurnya gimana soalnya kasurnya cuma muat 1 orang kalau dua ya harus berpelukan. Nanti malah dikira Homo lu ya. Viral lagi deh, netizen sekarangkan maha benar. 😑 Jangan tersinggung ya guys. hihii....

Keesokan paginya tibalah gua di Teluk Wondama, gua dijemput sama teman gua disini kebetulan dia dipinjamin mobil Avanza sama pegawai pertanahan disana yang kantornya akan segera dibangun. OIA, jadi ceritanya gini sebelum gua disini udah ada teman gua yang ngurus material di sini. Gua gantikan dia karena teman gua ini istrinya mau melahirkan dan anak pertama. Tahu dong anak pertama jangan sampai terlewatkan. Ini adalah momen paling indah. Gua kapan ya bisa punya anak. yaelah gua aja masih jomblo, mikir pasangan aja dulu baru mikir anak. huftttttt... kok jadi kesel gini ya.

So, setibanya disini, gila ini kota sepi amat ya tapi ada hal menarik di kota ini yaitu Taman Kotanya keren abizz. Untuk kota sekecil dan terpencil ini memiliki taman kota yang sebagus ini sungguh amazinglah buatku. Tenang guys gua ada fotonya kok.


Ta-Da keren kan tamannya, kalau gak salah namanya Taman Masasoya Topai, taman ini dibuat untuk mengenang korban banjir bandang yang pernah terjadi di Tahun 2010.
Pemandangan gunungnya aja udah keren banget.

Oia, jaringan jangan harap dapat sebagus di kota ya soalnya gila disini untuk wifi aja susah banget dapatnya. Kota Wondama ini gak ada SPBU jadi kalau lu sewa motor/mobil mending lu beli gen trus lu tampung tuh bensin banyak-banyak. Soalnya kelangkaan BBM masih sering terjadi. Gua aja sampe stress alamin soalnya gua rental mobil gitu dan gua gak menyiapkan gen sama sekali, gua keliling seharian gak dapat bensin, trus nih mobil udah sekarat lagi. Untung gua punya banyak kenalan orang baik yang bantu gua untuk dapat bensin. Untuk pendatang gak diragukan lagi, kebanyakan pendatang Makassar Bugis dan Jawa. Justru karena adanya pendatang ya Kota ini adalah sedikit perkembangannya walaupun masih jauh tertinggal dengan kota2 besar di Indonesia Barat. Untuk jalannya juga cuma ada satu jalan utama doang jadi lu gak bakalan nyasar di Kota Wondama ini deh.

Setibanya gua di kontrakan, bukan stres gua hilang malah makin stres soalnya gak ada sama sekali jaringan internet yang nyampe ke kontrakan gua. SIAL banget deh gua kembali ke jaman batu, gua gak bisa update sama sekali. Untung stok film di laptop gua banyak jadi gua kalau lagi gak ada kerjaan ya udah gua nonton semua film, ampe ada yang dua kali malah gua nonton. Kalau mau dapat jaringan bagus ya lu ke kota ke Taman yang gua maksud tadi. Kalau malam disitu ya lumayan rame dan banyak penjual juga walaupun jarak kontrakan ke taman ini agak lumayan jauh. Daripada gua bete stres nanti malah bunuh orang. hihihii...... Jangan takut ya guys gua masih sadar kok kalau gua gak sadar ya gua pasti gila-lah. 😆😆😆

So, itulah cerita gua kenapa bisa berada di Kota Wondama ini, untung gua cuma 3 bulan disini dan akhirnya gua dipindah tugaskan kembali di Kota Sorong. Gimana kalau gua setahun disini mungkin kewarasan gua uda di angka 0% gak ya. Jadi, selama seminggu teman gua masih nemenin gua keliling Kota Wondama ini dan nunjukkin tempat-tempat penjualan material bangunan dan tempat makan enak di kota ini. Kebanyakan penduduk disini mayoritas beragama Kristen dan dikota ini cuma ada Satu Masjid yang berada di pusat kota dekat Taman Kota Masasoya tadi. Tapi tenang karena kebanyakan penjualnya orang jawa jadi makanan halal gak susah kok didapat.

Oke sekian dulu ya cerita gua. Masih banyak sih gua mau kerjain. Sampai jumpa di cerita selanjutnya guys. Jangan bosan-bosan ya baca vlog gua.

Btw, sekarang gua kerja di Kota Sorong sampai saat dan detik ini. 😁

Bonus Features tempat yang pernah gua kunjungin di Wondama :

kalau ini lokasinya dekat taman masasoya, gua lupa sih nama cafenya tapi keren banget outdoor gitu dan banyak lampu-lampunya. Btw, disini gak ada wifinya ya. 

Ini gua juga gak tahu nama pantainya, iseng2 aja gua masuk soalnya ada tulisannya Wisata ke Pantai hahaha..... Pantainya biasa aja sih tapi lumayan buat rehat sejenak,

Oke, cuma itu aja gak banyak juga tempat yang bisa gua kunjungin disini karena gua fokus kerja bukan santuyy. Gimana sobat good people??? sekian dulu dan terima kasih. Love u Guys 😘


















Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Job di Kota Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara (2016)

12 Tempat Yang Bisa Dikunjungi di Kota Balikpapan

7 Hal Yang Bisa Dilakukan di Kota Weda, Kabupaten Halmahera Tengah

One Day Trip Ambon, Maluku

Trip One Day in Ternate (Trip jalan2 sehari di Kota Ternate)